Saturday, February 14, 2009

COKELAT

C O K E L A T

Konon, Colombus yang pertama kali membawa biji coklat dalam perjalanannya ke Hindia Barat dan Amerika Selatan. Ia membawanya ke Spanyol tahun 1494. tapi, baru seperempat abad kemudian minuman coklat dikenal di Spanyol gara-gara hernan Cortes,. Cortes diutus ke meksiko bertemu dengan orang Indian Aztek. Orang Aztek menyambut coklat, xocoati. Konon Raja Aztek Montezuma meminimum 50 mangkuk sehari!

Pertama kali minum coklat di istana montezuma, tahun 1519, Cortes hampir tidak sanggup meminumannya, itu karena minuman coklat itu rasanya pahit plus dicampur cabai! Baru di Spanyol, minuman coklat ini dicampur dengan kayu manis, vanila dan gula.

Putri Spanyol, Aria Theresa, istri dari Raja Louis XIV (1638-1715), sangat menyenangi minuman coklat, bahkan dikatakan hanya ada dua yang dicintainya, yakni suaminya dan coklat! Sampe sekarang, cewe suka coklat! Makanya Valentine identik dengan coklat!

Pabrik permen coklat pertama adalah Fry and Sons (1847) di Inggris, seolain diberi gula juga diberi mentega coklat. Lalu Daniel Peter dari Swiss yang pertama kali mencampurinya dengan susu. Pabrik coklat terbesar di dunia adalah Hershey si Amrik yang didirikan tahun 1903 oleh M.S Hershey.

0 comments:

Post a Comment

Te'amo>>>